Sukses Menerapkan Kampanye Sosial Media dengan Tips Ini

Media sosial, seperti Facebook, Path, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya adalah media yang sangat efektif untuk mempromosikan produk dan bisnis di era digital seperti saat ini. Pemilik bisnis bisa melakukan promosi di akun sosial media mereka kapan saja tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Tak heran apabila ketika wall Anda sering dipenuhi dengan iklan-iklan dari perusahaan atau pun reseller produk. Hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan selama masih beretika dan sopan. Itu artinya bahwa pelaku bisnis tidak seenaknya menandai atau mengirim iklan mereka ke akun-akun sosial media milik teman atau follower mereka. Apabila hal ini tidak diperhatikan, kampanye sosial media mereka bisa dipastikan tidak akan berjalan maksimal.

Apakah Anda tertarik untuk menerapkan metode promosi atau pemasaran dengan menggunakan situs jejaring sosial? Jika iya, selain memperhatikan etika dan kesopanan dalam memasang iklan, pastikan juga untuk mengikuti tips sukses menerapkan kampanye sosial media di bawah ini:

sukses

Membuat iklan-iklan kreatif dan baru

Tuangkan ide-ide kreatif Anda untuk membuat iklan-iklan kreatif dan baru agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Memang untuk membuat iklan yang kreatif tidaklah gampang tapi bukan berarti bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini, seperti mengajak staf yang ahli dalam bidang ini untuk menemukan atau mengembangkan ide-ide untuk iklan baru dan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan periklanan baik offline maupun online. Di samping itu, kumpulkan contoh-contoh iklan-iklan terbaru dari perusahaan-perusahaan ternama untuk dijadikan pedoman dan referensi agar Anda mendapatkan ide-ide cemerlang. Pastikan untuk tidak meng-copy paste atau meniru iklan yang sudah ada karena hal tersebut dapat disebut sebagai plagiat dan Anda bisa saja melanggar hak cipta.

Memonitor perkembangan dan dampak iklan secara berkala

Setelah bersusah payah mengiklankan produk atau bisnis Anda di berbagai akun jejaring sosial yang Anda miliki, jangan lupa untuk memonitor perkembangan dan dampak iklan tersebut secara berkala. Dampak iklan di sini berarti plus dan minus dari iklan tersebut. Ya, ini juga bisa diartikan bahwa Anda harus melihat apakah iklan tersebut bekerja secara optimal dan menarik perhatikan calon pembeli atau tidak. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa melakukan analisa dan meningkatkan usaha periklanan Anda. Btw, untuk melakukan hal ini dibutuhkan platform atau software khusus untuk social media monitoring. Untuk itu, sangat disarankan sekali untuk menggunakan layanan social media monitoring Jakarta dari Sonar Platform.

Mau memperbaiki kesalahan

Semua pemilik bisnis yang menerapkan kampanye media sosial tentu saja pernah melakukan kesalahan pada iklan mereka. Terkadang, mereka salah format iklan, salah memilih warna huruf, salah meletakkan link ke situs utama mereka, dan lain sebagainya. Bagian terburuknya adalah sebagian besar dari mereka tidak menyadari hal ini dan membiarkan kekurangan ini terus menerus berjalan untuk waktu yang cukup lama. Dengan demikian, mereka gagal menarik perhatian calon konsumen sehingga sales rate perusahaan mereka tidak pernah beranjak dari posisi sebelumnya untuk waktu yang lama. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar Anda tidak mengalami masalah yang sama. Oleh karena itu, setelah melakukan monitoring, evaluasi, atau analisa terhadap iklan dan menemukan beberapa kekurangan, sangat disarankan untuk mau memperbaiki kesalahan tersebut. Jika tidak tahu apa yang harus dilakukan, minta bantuan para ahli dalam hal periklanan agar masalah ini segera teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *